Pantai Pok Tunggal Mengharuskan 2 Hal Berikut Ini!


pantai pok tunggal
Pantai Pok Tunggal yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul, merupakan salah satu wisata pantai Jogja dengan pemandangan yang sangat indah, terlebih pemandangan ini akan semakin istimewa ketika sunset.

Begitu banyaknya pantai yang dimiliki oleh Kabupaten Gunung Kidul berkarakteristik mirip dan berpasir putih yang diapit antara tebing karst di kanan dan kirinya. 
Kecuali hanya Pantai Baron saja, yang pasir pantainya berwarna coklat kehitaman.

Sedangkan Pantai Pok Tunggal, memiliki sebuah icon yang menjadikan wisata pantai jogja ini berbeda dengan wisata pantai lainnya dari sejumlah pantai Jogja lainnya terletak di wilayah Gunung Kidul.

Pohon Duras Sebagai Icon Pantai Pok Tunggal

Sebuah icon yang menjadikan cirikhas dari Pantai Pok Tunggal tersebut adalah sebuah pohon dan satu-satunya dari jenis tanaman yang bisa tumbuh di pantai ini.
“Duras” adalah nama tanaman untuk pohon tersebut,
Dibawah ini adalah pohon Duras yang ada di Pantai Pok Tunggal!
pantai pok tunggal
foto: trip advisor

Asal Nama Pantai Pok Tunggal

Sebenarnya Pantai Pok Tunggal sudah dibuka sejak Tahun 2012 yang lalu, namun masih kalah populeritasnya dengan Pantai lainnya. Kemungkinan hal ini karena faktor promosi yang kurang gencar.
Berdasarkan informasi yang didapat, nama Pantai Pok Tunggal berasal dari nama kelompok pengelola Pantai ini, yaitu “Kelompok Tunggal”.
Namun ada juga informasi lain yang menyebutkan bahwa nama Pok Tunggal berasal dari sebuah mata air yang ada di Pantai ini. 
“Tuk” dalam Bahasa Jawa adalah sebutan dari sumber mata air. Sedangkan “Tunggal” adalah hanya satu-satunya. Jika digabung menjadi “Tuk Tunggal”, lantas kenapa bisa menjadi Pok Tunggal?
Entahlah….. apalah arti dari sebuah nama, Yang penting Pantai Pok Tunggal adalah wisata Pantai Jogja yang Yang Indah.

Pantai Pok Tunggal Mengharuskan 2 Hal Berikut Ini!

1. Menikmati Sunset
Sangat rugi kiranya jika piknik di Pantai Pok Tunggal tetapi melewatkan Sunset.
Selain Indah nya biru air laut dengan ombak yang berkejaran yang dipadukan dengan putihnya pasir pantai, Pantai Pok Tunggal ini juga memiliki keindahan yang luarbiasa ketika sunset.
Perpaduan antara pohon Duras yang menjadi Icon dan warna jingga dari langit ketika sunset menjadi spot sangat intsagramable untuk diabadikan.
Masih kagak percaya?
Coba lihat aja gambar Pantai Pok Tunggal sunset di bawah ini!
pantai pok tunggal sunset

pantai pok tunggal sunset

2. Camping
Setelah menikmati indahnya sunset di sini, akan lebih asyik lagi jika menginap sekalian. Mendirikan tenda untuk camping, duduk mengelilingi api unggun di pinggir pantai sambil bebakaran ikan.
Suasana seperti ini sangat Cihuyyy… untuk mengisi liburan anda ketika berkunjung di wisata panta Jogja.
Jika anda beruntung, dimalam hari biasanya akan muncul Milky Way, biasanya milky way Nampak mulai sekitar jam 2 pagi hingga jam 4 pagi. Ini dapat terlihat jika  langit dalam keadaan cerah dan tidak ada Bulan.
Info ini berdasarkan pengalaman pribadi saya karena sudah beberapa kali menjumpai milky way di wilayah Pantai Gunung Kidul ketika sedang mancing diatas karang. 

Lokasi dan Rute Pantai Pok Tunggal

Lokasi Pantai Pok Tunggal terletak di Desa Tepus, Kidul, Gunung Kidul, atau jika ditempuh menggunakan kendaraan hanya berjarak 15 menit saja dari Pantai Indrayanti.

Atau kalau perjalanan anda dari Kota Jogja perjalanan memakan waktu sekitar 2 Jam sampai 2,5 Jam karena itu tergantung kepadatan lalu lintas jalan.
Rute Pantai Pok Tunggal jika dari Kota Jogja paling mudah jika dimulai dari Titik Nola tau dari Kantor Pos Besar.
Dari Kantor Pos Besar langsung ke arah timur dan melalui Jl. Jogja – Wonosari setelah sampai Bundaran (Proliman) ambil arah kanan melalui Jl. Kyai Legi => Jl. Krt. Judodiningrat => lalu ikuti petunjuk arah agar lebih mudah.

Tiket Masuk Pantai Pok Tunggal

Tiket Masuk Rp. 10.000 /org
Kalu ingin camping tapi tidak punya tenda bisa  Sewa Tenda Dome
Dengan harga sewa Rp. 60.000 /tenda
Sewa Payung Rp. 20.000 /payung

Baca Juga:





No comments:

Post a Comment