Bakmi Jawa Mbah Hadi, Top 5 Kuliner Malam Jogja


bakmi jawa mbah hadi
Fotonya: fatchefstory
Sahabat wisata kuliner Malam Jogja, Karena perut kita sudah lapar dan maunya makan Bakmi Jawa Mbah Hadi, maka langsung saja meluncur ke Warungnya Mbah Hadi yang berlokasi di Jl. C Simanjuntak No.1, Terban, Gondokusuman - Jogja. 

Yok mari kita ikuti arahnya:

  • Dari Malioboro lewat Jl. Abu Bakar Ali kearah timur sampai di Stadion Kridosono.
  • Belok ke kiri sampai di perempatan yang dikirinya ada toko buku Gramedia.
  • Dari perempatan sekitar 180an meter ada kampus UII Cik Di Tiro, maju dikit ada pertigaan belok kiri
  • Sampai pertigaan lagi belok kiri lagi
  • Di Kanan jalan ada SPBU Jl. C Simanjuntak
  • Langsung masuk SPBU itu, menuju pojok paling barat utara, di situlah Warung Bakmi Jawa Mbah Hadi.

Kalau kurang jelas lihat peta dibawah ini !!! :D  

bakmi jawa mbah hadi

Setelah sampai diwarung disambut dengan tulisan "Sugeng Rawuh" (selamat datang) di pintu kaca.

Sambil menunggu pesanan diantar di meja, mari kita simak sedikit cerita soal Bakmi Jawa milik Mbah Hadi untuk kuliner malam Jogja yang sangat recommended ini.

bakmi jawa mbah hadi
Sugeng Rawuh artinya Selamat Datang


Cerita Awal berdiri Bakmi Jawa Mbah Hadi

Alm. Gumbreg Hadisumarto adalah nama asli dari Mbah Hadi, dulunya Mbah hadi adalah seorang sopir. Setiap bepergian ke luar kota selalu menyempatkan mampir ke warung untuk mencicipi. Namun dari setiap warung yang beliau singgahi tidak ada yang memuaskan lidahnya.

Mbah Hadi yang punya hobi masak ini pernah memasak mie untuk orang-orang kampung saat sepak bola piala dunia, karena orang banyak yang suka dengan masakannya.

Mungkin karena banyak yang suka dengan masakan bakminya Mbah Hadi, kemudian muncul ide untuk usaha Bakmi Jawa, karena bakmi Jawa merupakan salah satu kuliner malam jogja yang banyak sekali penggemarnya.

Setelah pensiun dari sopir di Tahun 1995, Mbah Hadi mengawali jualan bakmi di bekas Terminal Terban yang sekarang ini jadi Pasar Terban.

Resep Bakmi Jawa Mbah Hadi ini  telah diturunkan kepada anaknya, termasuk penggunakan telor bebek yang digunakan sebagai resep untuk menambah cita rasa. Penggunakan telor bebek ini masih terus berlangsung hingga sekarang, agar kualitas dari cita rasa dari Bakmi Jawa Mbah Hadi tidak berubah.

Namun, sejak Tahun 2007 Mbah Hadi sudah jarang masak dan diganti anaknya, karena bermaksud untuk mewariskan usaha ini kepada anak beliau. Mbah Hadi hanya memasak kecuali saat ada pelanggan lama yang militan saja atau bisa dikatakan tidak mau kalau bukan Mbah Hadi yang masak Bakmi Jawa.

bakmi jawa
fotonya: TripAdvisor

Kondisi Warung Bakmi Jawa Mbah Hadi Sekarang 

Kemudian di Tahun 2009 warung Mbah Hadi pindah di kompleks SPBU Terban Jl. C Simanjuntak. Warungnya pun bersih dan terang, sekarang ini pengelolaan warung bakmi sepenuhnya di tangan oleh generasi Mbah Hadi.

Oh ya kalau sedang cari kuliner malam Jogja, dan memilih makan di Bakmi Jawa Mbah Hadi, pilihlah tempat di balkon agar tidak bosan menunggu antrian yang agak lama.

Kalau anda duduk di balkon akan terhibur dengan pemandangan kali code dan kelap–kelip lampu di sekitar jembatan Gondolayu, sehingga terasa tidak terlalu lama dan bosan menunggu.

bakmi jawa
fotonya: foody.id
bakmi jawa mbah hadi
fotonya: Travel Today

Jam Buka Kuliner Malam Bakmi Jawa Mbah Hadi Jogja

Bakmi Jawa Mbah Hadi tiap harinya buka mulai jam 6 sore sampai jam 11 malam.

Jam sibuk antara jam 7 sampai jam 9, kalau tidak mau antri terlalu lama datanglah sebelum jam 7 atau setelah jam 10 malam.

 Menu yang Disajikan Bakmi Jawa Mbah Hadi:

  • Bakmi Godhog (bakmi kuah)
  • Bakmi Goreng
  • Bakmi Nyemek
  • Magelangan (Nasi Goreng Campur Bakmi)
  • Nasi Goreng
  • Tongseng Ayam
Boleh juga nambah dengan sayap, paha, kepala, uritan atau ati ampela.
 
Bakmi Jawa Mbah Hadi ini adalah salah satu dari "Top 5" bakmi jawa yang sangat di rekomendasikan untuk kuliner malam Jogja. 

Selain tempatnya bersih dan bisa melihat pemandangan kelap kelip cahaya lampu di bantaran kali code yang serasa miniatur bukit bintang.

Tentu saja Rasa menjadi pilihan nomor satu, karena bakmi jawa merupakan wisata kuliner malam jogja yang wajib dicoba.

Dibawah ini daftar Top5 Bakmi Jawa Jogja

  1. Bakmi Kadin 
  2. Bakmi Pele 
  3. Bakmi Jawa Mbah Hadi 
  4. Bakmi Mbah Mo 
  5. Bakmi Mbah Gito 


Bacaan Terkait

No comments:

Post a Comment